09 Maret 2013

Sseputar Makna Kemerdekaan


Setelah beberapa waktu vakum,  blog smp negeri 4 Lahat, ibarat hidup tak sanggup matipun tak mau, kini bertepatan dengan peringatan peristiwa terbebasnya bangsa Indonesia dari kungkungan penjajah yakni ditandai dengan diproklamirkanya kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia 67 tahun silam, menyemangati untuk mulai bangkit dan hadir kembali menyapa rekan-rekan seperjuangan warga SMP Negeri 4 Lahat dengan sebuah pencerahan seputar makna kemedekaan.


Tahun ini Bulan Agustus menjadi momen yang sangat spesial, karena keberkahan Ramadhandan kemerdekaan di negeri tercinta ini mendorong sebagian besar ummat untuk berekspresi dan mengisi setiap aktivitas kehidupan dengan berbagai kegiatan positif. Dua momen besar yang patut disyukuri dan layak untuk dijadikan semangat pembelajaran bagi setiap manusia Indonesia. setidaknya ada tiga makna penting kemerdekaan yang dapat dijadikan inspirasi positif bagi terbangunnya akhlakul karimah di muka bumi pertiwi ini.
1.  Kemerdekaan menjadi momentum penting dalam upaya untuk  memerdekakan diri dari belenggu kemiskinan dan kebodohan.    Kemerdekaan akan kehilangan makna di saat masih   banyak warga masyarakat yang harus hidup di tengah-tengah ketidakmampuan dalam   menghidupi diri dan keluarganya. Bukankah Allah wewajibkan kepada  ummat Nya agar  berusaha sekuat tenaga agar kita dapat terhindar dari kemiskinan?
2.  Kemerdekaan merupakan langkah awal bagi terwujudnya pemberdayaan seluruh stakeholder yang ada di masyarakat termasuk di lingkungan pendidikan. Perjuangan kemerdekaan telah mengajarkan kepada kita, bahwa persatuan dan kesatuan adalah kunci bagi terbebasnya bangsa ini dari belenggu penjajahan.
Mari kita “cancut tali wanda’ mengisi kemerdekaan ini dengan menguatkan tekad dan merapatkan barisan, dan berjalan beriringan satu sama lain, serta saling memberikan kontribusi positif bagi terwujudnya bangsa Indonesia yang berdaulat.
Buang jauh-jauh ego mengedepankan kepentingan pribadi dan golongan, hindarkan dari upaya mencari-cari kesalahan orang lain dan merasa diri paling benar. Mari kita bergandeng tangan bahu membahu dan bersatu, demi satu tujuan, masyarakat Indonesia yang adil dan makmur.
3.  Kemerdekaan merupakan wadah bagi pembentukan karakter manusia Indonesia yang jujur, amanah, dan profesional. Nilai-nilai dasar inilah yang diharapkan dapat terinternalisasi sejak dini melalui kehidupan keluarga, masyarakat, dan pendidikan.
Jangan sia-siakan pengorbanan para pejuang kemerdekaan yang telah dengan ikhlas mengorbankan harta benta bahkan jiwa raga mereka demi terbebasnya bangsa ini dari penindasan para kolonial. Sejarah juga telah menorehkan tinta emasnya, bebrapa contoh dan teladan bagi kita semua, akan sikap dan perilaku yang terpuji dari para founding fathers republik ini, sehingga pada gilirannya bangsa ini diberkahi kemerdekaan oleh Tuhan Yang Maha Esa, Alloh SWT.
Ketiga makna kemerdekaan ini sejatinya merupakan refleksi bagi kita semua untuk bangkit dan berjuang untuk mewujutkan cita-cita kita semua. Bagi rekan Pendidik marilah marilah kita isi kemerdekaan ini dengan pengabdian tampa pamrih, iklhas membimbing peserta didik yang merupakan bibit-bibit potensial yang akan  menggantikan estafet kepemimpinan di masa datang. Kepada pesrta didik, anak-anakku sisw/siswi SMP Negeri 4 Lahat, kami mengharapkan untuk bersama-sama memperbaiki yang kurang, dan menyempurnakan yang sudah baik mengenai kualitas belajar kalian. Jangan pernah merasa bosan kejar dan wujudkan cita-cita kalian sehingga pada saatnya nanti kalian dapat berguna bagi masyarakat, bangsa dan agama.
Semoga melalui keberkahan bulan Ramadhan yang penuh hikmah ini, niat baik dan tekad para pendidik untuk membangun masyarakat melalui pendidikan akan terwujud sehingga kehidupan yang lebih beradab dan bermoral bukanlah omong kosong belakan.
Pada kesemapatn ini juga Admin mengucapakan selamat berpuasa yang tinggal beberapa hari lagi dan Minal’aidin wal faizin 1 Syawal 1434 H mohon maaf lahir dan batin, Merdeka!!!
Dikopi dari:https://smpn4lahat.wordpress.com/2012/08/16/seputar-makna-kemerdekaan/#more-1088

Tidak ada komentar :

Posting Komentar