09 Maret 2013

Pramuka dan Drumband SMPN 4 Lahat Meriahkan Pawai Tertib HUT Pramuka Ke-50


Lapangan PJKA atau lebih dikenal dengan sebutan Lapangan Rumput olemasyarakat lahat dan sekitarnya. Disebut demikian mungkin karena lapangan tersebut memang menghampar bagaikan selembaran karpet berwarna hijau. Selama ini lapangan dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar dan organisasi/lembaga/instansi yang berdekatan untuk berolahraga terutama sepak bola.
Tampak beda dengan hari biasanya, Lapangan Rumput berubah warna menjadi kecoklatan berbaur dengan merah dan putih dipenuhi Adik-adik dan Kakak-kakak anggota Gerakan Pramuka perwakilan dari seluruh Gugusdepan di lingkungan Kwartir Cabang Lahat, tidak ketinggalan utusan dari Gugusdepan ........ yang berpangkalan di SMPN 4 Lahat ikut berpartisipasi yang diwakili oleh 1 (satu) Pasukan Putra dan 1 (satu) Pasukan Putri masing-masing dengan kekuatan 31 personil.

Dengan penuh kekhusukan mereka mengikuti acara demi acara pelaksanaan acara puncak Peringatan Hari Ulang Tahun Gerakan Pramuka Ke-50, yang dilaksanakan pada tanggal 10 September 2011, yang seharusnya dilaksanakan pada setiap tanggal 14 Agustus, berhubung tanggal tersebut bertepatan dengan bulan Ramadhan maka pelaksanaan unpacara puncak peringatan dilaksanakan pada bulan September.

Rangkaian kegiatan sebenarnya sudah diawali dengan kegiatan ziarah ke Taman Makam Pahlawan di daerah bandar Agung Lahat pada tanggal 13 Agustus 2011. Kegiatan berikutnya bakti masyarakat dengan kegiatan kebersihan di lingkungan Gugusdepan masing-masing yang dilaksanakan pada tanggal 6 Sepetember 2011, disusul kemudian kegiatan Perkemahan Jumat Sabtu Minggu (PERJUSAMI) yang khusus diikuti oleh anggota Pramuka Penggalang yang masih duduk di bangku SD se-Kwarran Lahat. Bersamaan dengan pelaksanaan PERJUSAMI juga dilaksanakan Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Gerakan Pramuka dengan Pembina Upacara Ka Mabicab Gerakan Pramuka Lahat H.Syaefudin Aswari Rifai, SE. Kurang lebih pukul 09.30 wib uapcara selesai dilanjutkan dengan Pawai Tertib dengan route start di Lapangan PJKA (tempat pelaksanaan upacara) melalui sepanjang jalan Mayor Ruslan II dan finish dihalaman SMP Candra Kirana Lahat.

Peserta Pawai tertib terdiri dari anggota Gerakan Pramuka dan Pasukan Drumband utusan dari Gugusdepan di lingkungan Kwartir Cabang Lahat tidak ketinggalan dari SMPN 4 Lahat. Drumband SMPN 4 Lahat di bawah asuhan Drs. Usman Gumanti dengan Trio Pelatih/Pembina yang mumpuni di bidangnya yakni Adi Pratikno, S.Pd.I, Rokiah, S.Pd dan Agustina Wulandari, S.Pd. dengan penuh percaya diri melangkah sesuai dengan iringan lagu-lagu pramuka (Caca-marica, Pramuka Siapa yang Punya), Lagu Wajib Nasional (Maju Tak Gentar), dan lagu-lagu daerah Lahat (Ribang Kemambang), dan Mars SMPN 4 Lahat.

Suasana berubah, serta merta penonton dan para undangan yang yang berada di Panggung Kehormatan memberikan apluse saat mayoret berdiri sambil menari di atas tumpukan Bass Drum. Hal ini menambah semangat dan percaya diri untuk melanjutkan perjalanan menuju finish.
Acara pun berakhir, dengan penuh keceriaan wajah-wajah anggota pramuka calon pemimpin masa depan......Bravo Pramuka Indonesia! Jayalah Indonesiaku !!!

Dikopi dari: https://smpn4lahat.wordpress.com/2012/08/16/seputar-makna-kemerdekaan/#more-1088


Tidak ada komentar :

Posting Komentar