30 Mei 2013

Meriahnya, Pelepasan Peserta Didik Kelas IX

Aneka seni budaya ditampilkan oleh Peserta Didik kelas VII, Viii dan IX SMP Negeri 4 Lahat, Rabu 22 Mei 2013 dalam acara pelepasan Peserta Didik kelas IX  SMP Negeri 4 Lahat, bertempat di halaman Sekolah SMP Negeri 4 Lahat, Gunung Gajah , Kec/Kab Lahat.

Mereka menampilkan baca puisi, paduan suara, bermacam tari tradisional dan modern serta pertunjukan game yang dibawakan oleh salah seorang guru. Mereka tampil di hadapan para tamu undangan dari Dinas Pendidikan Kabupaten Lahat, tokoh masyarakat sekitar dan Orang Tua/Wali Peserta Didik kelas IX.


Kepala SMP Negeri 4 Lahat, Drs. Usman Gumanti, pada Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2012/2013 ini mengatakan, pihak sekolah sangat berterima kasih kepada para Orang Tua/Wali Peserta Didik yang sudah hadir dalam acara Pelepasan Peserta Diidik kelas IX. Menurut beliau ada beberapa hal yang  ia sampaikan  dalam sambutannya. Diantaranya, mengharapkan agar seluruh siswanya yang berjumlah 151 orang dengan rincian 78 orang  laki-laki dan 73 orang perempuan  sudah melaksanakan Ujian Nasional (UN) 2013 dapat lulus 100 persen. "Kita mengharapkan, pada 1 Juni 2013 mendatang dalam pengumuman kelulusan nanti, agar siswa SMPN 4 Lahat dapat lulus 100 persen," ungkap beliau.
Bukan hanya itu saja, Kepala Sekolah juga mengharapkan, kepada Peserta Didik yang lulus nanti, kiranya dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi lagi yakni ke ting­kat SLTA. "Bagi yang melanjutkan sekolah, berpresatsilah di sekolah baru karena akan membawa nama baik sekolah lama," katanya

Masih dalam sambutan, beliau sampaikan informasi kerpada Orang Tua/Wali Peserta Didik dan hadirin, “Bahwa putra/putri  SMP Negeri 4 Lahat ini sudah banyak menuai prestasi akan tetapi prestasinya baru di tingkat Kabupaten Lahat saja," paparnya.
Beliau juga menambahkan, jauh-jauh hari sebelum pelaksanaan Ujian Nasional (UN) dilaksanakan, beberapa upaya telah dilakukan  untuk mewujudkan harapan sebagaimana disebutkan diatas, sekolah telah melakukan berbagai upaya seperti program pendalaman materi/program tambahan belajar , try out dan khusus untuk anak yang masih di bawah standar kelulusan, mengharapkan kepada semua Orang Tua/Wali Peserta Didik agar ikut berpartisipasi memberikan motivasi belajar terhadap putra/putrinya.

Seusai memberikan sambutannya, Kepala SMP Negeri 4 Lahat menyerahkan kembali 151 Peserta Didik kelas IX kepada yang mewakili Orang Tua/Wali. Pada kesempatan ini atas inisiatif Peserta Didik kelas IX yang diwakili oleh Mico Mandala Putra didampingi Orang Tuanya memberikan sebuah cendera mata sebagai kenang-kenangan kepada sekolah yang diterima langsung oleh Kepala SMP Negeri 4 Lahat.

Pada kesempatan ini juga, dilaksanakan acara penyerahan cendera mata kepada dua orang guru yang telah lama mengabdikan dirinya di SMP Negeri 4 Lahat yakni Bapak M. Zaelani karena telah purna bhakti dan Bapak Drs. Arlan Darqomi karena mutasi ke tempat tugas barunya di SMP Negeri Gumay Ulu, Kecamatan Gumai Ulu, Kabupaten Lahat.
Kepada merke berdua Kepala Sekolah mengucapkan terima kasih atas semua sumbangsih mereka selqama mengabdikan didi di SMP Negeri 4 Lahat. Kepada Bapak M. Zaelani disampaikan ucapan selamat menikmati masa purna bahakti, dan kepada Bapak Drs. Arlan Darqomi, disampaikan ucapan selamat melaksanakan tugas di tempat barunya. Dan berharap kepada keduanya agar jangan melupakan SMP Negeri 4 Lahat.
Tidak jauh beda dengan harapan sebagaimana disampaikan oleh Kepala Sekolah, Ketua Komite SMP Negeri 4 Lahat Bapak Kimsuan Supawi dalam sambutannya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lahat Drs A Cholil Mansyur MM, yang diwakili oleh Kasi Sarana dan Prasarana Bapak Aminudin, Am.Pd,  berharap agar siswa kelas IX SMP Negeri 4 Lahat dapat lulus 100 persen dan beliau juga sangat mengapresiasi kegiatan pelepasan peserta didik atau mengembalikan Peserta Didik kepada Orang Tua/Wali masing-masing.


Dirilis oleh: Drs Djirdjani

Tidak ada komentar :

Posting Komentar