21 Maret 2013

Tes IQ dan Bakat Minat Belajar


Pada bulan Maret 2013 tepatnya tanggal 20 Maret 2013, semua siswa SMP Negeri 4 Lahat kurang lebih 500 orang peserta didik terediri dari kelas VII, VIII dan IX, mendapatkan layanan berupa tes IQ dan Tes Bakat bekerjasama dengan Yayasan Putra Bintang Yogyakarta, Devisi Pelaksana Tes Integensi Siswa Program Pengembangan Mutu Sumber Daya Manusia. Kegiatan ini mengacu pada surat Koordinator Wilayah Sumatera Selatan yang ditandatangani Bapak Eko Wahyu Hardiyanto, S.Psi bertanggal 11 Maret 2013.
Rencana pelaksanaan semula dijadwalkan tanggal 14 Maret 2013 mulai pukul 07.30 s.d. selalesai, akan teatapi karena saat itu bersamaan dengan kegiatan di lingkungan Pemerintah Kabuapaten Lahat maka disepakati penjadwalan ulang sebagaimana dimaksud diatas.

Mengapa tes tersebut perlu diadakan ? apa manfaat dan kegunaannya? Untuk mengetahui jawabannya maka kita ikuti penjelasan dari tim pelaksanan sebagai berikut :
IQ adalah sebuah singkatan yang kepanjangannya adalah Intelegensi Qaution dalam bahasa Indonesia sering disebut angaka kecerdasan seseorang.
Kecerdasan yang dimaksud adalah kemampuan manusia secara umum (dalam hal pada umumnya)
Sedangkan Bakat adalah kemampuan manusia pada bidang-bidang khusus/tertentu. Contohnya di bidang akademis: Bakat verbal (bahasa), bakat numerikal (menghitung angka), ketelitian, berfikir abstrak dan sebagainya. Ada juga bakat dibidang seni, olah raga, keterampilan dan sebagainya. Namun bakat-bakat yang demikian lebih gampang diamati pada diri seseorang melalui kemahiran seseorang dibidang tersebut. Serta prestasi yang dicapainya. Akan halnya bakat yang akan kita ukur dengan tes adalah kemampuan khusus yang dimiliki seseorang yang bersifat asbstrak yang diperlukan alat tersebut untuk mengetahui/mengukurnya. Itulah yang disebut bakat berganda. Tes yang dijalani kemarin adalah tes IQ untuk mengukur kecerdasan dan tes bakat berganda untuk mengukur kemampuan khusus yang kita miliki. Hasilnya adalah berupa angka/score.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa kegunaan dari Tes IQ dan Tes Bakat adalah sebagai berikut:

Tes IQ
- Dapat mengetahui kecerdasan yang dimiliki.
- Dapat melihat sejauh mana potensi bisa dikembangkan secara maksimal.
- Untuk mengkreasikan antara tingkat kecerdasan dengan hasil belajar yang dicapai (jika IQ tinggi harusnya prestasi belajar juga tinggi).
- Untuk mendeteksi kesulitan belajar disebabkan karena faktor kemampuan ataukah faktor yang lain seperti kemalasan, dll.
- Untuk pertimbangan dalam memilih jenjang pendek/panjang.

Tes Bakat
- Untuk mengetahui kemampuan khusus yang dimiliki.
- Untuk mendeteksi persoalan belajar yang dimiliki terutama pada penguasaan bahan pelajarana.
- Untuk memilih pendidikan lanjutan yang ingin dimasuki.
- Memilih bahan pelajaran yang sesuai dengan kemampuan.

Pelaksanaan tes ini gratis, akan tetapi bagi peserta didik yang menghendaki sertifikat yang berisi nilai hasil tes (Nilai IQ dan Bakat Minat Belajar) akan dikenakan biaya sebesar Rp 50.000,-. Biaya ini bukan merupakan pungutan untuk sekolah, akan tetapi sebagai pengganti ongkos cetak sertifikat dari Yayasan Putra Bintang Yogyakarta selaku pelaksana tes.

Bagaimana Menyikapi Tes
Tes yang kita lakukan hasilnya tidak mutlak benar 100%. Ada angka-angka kemungkinan kesalahan prediksi walaupun itu kecil. Jika anak-anak mendapatkan score yang rendah tidak perlu minder atau berkecil hati karena keberhasilan seseorang tidak mutlak ditentukan oleh tingginya angka kecerdasan kita tapi juga banyak dipengaruhi oleh faktor yang lain seperti usaha, kerja keras, ketabahan, keuletan, ketelatenan dan do’a.

Sedangkan tes IQ adalah untuk sekedar memberi gambaran/potret diri kita yang selanjutnya kita akan menindak lanjuti dengan cara yang tepat. Jika kemampuan rendah tentu tidak cukup belajar hanya sambil lalu saja. Demikian pula jika tes hasil tinggi juga tidak memberikan manfaat jika tidak diasah secara maksimal.
Adapun tes bakat kita sikapi sebagai sebuah informasi yang membimbing kita untuk mengetahui potensi-potensi khusus yang mungkin belum jelas teraktualisasikan dipermukaan sehingga dengan itu kita semakin jelas mengarahkan potensi yang ingin dikembangkan.


Tidak ada komentar :

Poskan Komentar